RSS

HENTIKAN PENAYANGAN TUTUR TINULAR 2011, INDOSIAR

29 Nov


Stasiun televisi swasta INDOSIAR menayangkan sinetron berjudul Tutur Tinular 2011, dan menuai banyak sumpah serapah. Protes dan aksi boikot dari masyarakat disebabkan oleh pembajakan pada jalan cerita maupun penambahan tokoh2 yang sangat jauh menyimpang dari naskah asli sandiwara radio ciptaan Bpk S. Tidjab.

Berikut ini salah satu penolakan dan kritik keras dari komunitas pecinta Sandiwara Radio Tutur Tinular yang telah dikirimkan ke KPI :

Kpd Yth;
Komisi Penyiaran Indonesia
Indosiar
Gentabuana
Salam Hormat,
Oleh karena TUTUR TINULAR adalah sebuah karya sastra yang bermuatan fakta-fakta sejarah milik bangsa ini, Negeri ini, dan karena TUTUR TINULAR adalah juga jembatan untuk mengisahkan kembali para pejuang Majapahit sebagai bagian dari cikal bakal terbentuknya negeri yang bernama INDONESIA.Maka dengan ini, Kami sebagai penggemar setia Tutur Tinular karya Bpk S. Tidjab dari mulai Sandiwara radionya, Filmnya 1989, hingga serialnya 1997 (Gentabuana). Merasa keberatan dan menyampaikan protes terhadap penayangan Sinetron Tutur Tinular versi 2011 yang melenceng jauh dari cerita naskah asli sandiwara radio, film, maupun serial yang mendahuluinya.Beberapa fokus perhatian kami terhadap Tutur Tinular versi 2011 meliputi:

  1. Munculnya tokoh yang sangat mendominasi melebihi karakter utama yang sebenarnya tidak ada dalam cerita tutur tinular (ex: Respati, biakta, laksmi dll) bahkan mengambil dr tokoh cerita lain (ex Krishna dan khamsa dr tokoh mahabharata, Pangeran Bentar dr cerita saur sepuh, Pahlawan bertopeng dr kartun sinchan dll) sehingga menyebabkan kerancuan cerita bahkan bs menimbulkan pelecehan dan penghinaan pihak lain.
  2. Melencengnya cerita dari alur sejarah, sehingga berpotensi menyesatkan generasi muda terhadap pemahaman sejarah Nusantara.
  3. Penggunaan dialog dan bahasa gaul (ex Elo, Gue, Cowok) yang tidak mencerminkan budaya bahasa era Singhasari dan Majapahit.
  4. Pemilihan kostum yang tidak sesuai dengan latar cerita (era Singhasari & Majapahit), bahkan terkesan lebih mirip kostum budaya lain, sehingga dikhawatirkan mengaburkan persepsi budaya penonton.
  5. Penggunaan musik pop/dangdut yang tidak sesuai dengan era kerajaan Hindu-Budha Nusantara saat itu.
  6. penggunaan properti, setting dan tempat yang tidak mencerminkan keadaan saat itu. (contoh: bata yang berwarna pink, jalan terkadang sdh terlihat di aspal, beberapa kali terlihat tower pemancar telepon selular, dll)
  7. Sering munculnya adegan yang tidak pantas di tonton oleh anak-anak. ( tgl 14-11-2011), ada Potongan adegan yang memperlihatkan Byakta yg sedang mencium bagian belakang leher Dewi Sambi yg merupakan titik rangsangan seks wanita, dan Dewi Sambi jg seperti sedang menikmati sambil memeluki tubuh Byakta)

Demikian kami sampaikan protes dan pernyataan sikap ini, mohon segera dilakukan tindakan.
Atas perhatiannya kami sampaikan banyak terimaksih.

Sudah banyak keluhan dari masyarakat dimana-mana mengenai tayangan ini. Dan perlu dicermati bahwa ketika masyarakat menonton tayangan ini dengan penuh kemarahan dan rasa jijik, efek psikologis yang sama akan terbawa ketika muncul iklan. Secara tidak sadar, penonton akan ter-sugesti merasa sebal dengan produk2 yg diiklankan pd tayangan Tutur Tinular 2011 ini.

Karena itu kami menghimbau kepada para P.R. Perusahaan2 yg akan memesan spot iklan di Indosiar untuk :

TIDAK MEMASANG IKLAN PRODUK ANDA PADA TAYANGAN TUTUR TINULAR 2011.

Ini demi kebaikan citra perusahaan anda sendiri, agar masyarakat tidak memandang negatif produk anda secara bawah sadar. Ingat, iklan adalah permainan sugesti.

PERBEDAAN TUTUR TINULAR VERSI 2011 DAN VERSI 1997

SERING MUNCUL ADEGAN YG SEBAIKNYA TIDAK DITONTON ANAK2 YANG INGIN BELAJAR SEJARAH…

        

Tokoh Tambahan Bernama Krishna Yg Dicomot Dari Kisah Mahabharata :

Saya sendiri walaupun bukan Hindu, tapi tetap sakit hati melihat tokoh yang dipuja Umat Hindu dijadikan seperti mainan begini, pakai adegan2 konyol segala. Karena ane juga pengagum kisah Mahabharata.

Kelakuan mereka yang seperti ini sudah pernah terjadi dan memicu aksi penolakan keras dari Umat Hindu Bali ketika membuat Sinetron Angling Dharma yang isinya dikacau balaukan sehingga keluar dari konteks cerita sesungguhnya.  Check link ini :

http://harianjoglosemar.com/berita/diprotes-umat-hindu-angling-dharma-stop-tayang-39946.html

Dari sini kita bisa mengambil benang merah. Mereka selalu membuat sinetron yang berisi muatan2 yang menghancurkan konteks asli dan mengacaukan persepsi penonton. Dimana sasarannya selalu :

1. Cerita Rakyat
2. Cerita Bermuatan Sejarah
3. Cerita Anak2

Ada apa ini sebenarnya? Bagaimana pendapat  anda sekalian?

FAQ : (Frequently Asked Questions)

Q :
Kenapa sih, kayak penting amat ?? Nggak suka tinggal matiin tipi atw ganti channel aja.
A:
Bagaimanapun juga Tutur Tinular adalah karya anak bangsa, yang telah banyak mengenalkan kita tentang sejarah dan kebudayaan Nusantara. Tutur Tinular bukan sekedar hiburan, tapi juga sarana untuk mengingatkan kita akan sejarah para leluhur kita. Dan sarat akan teladan sikap jujur, tata krama, dan jiwa ksatria, juga sikap pantang menyerah.
Namun pada versi 2011 ini Tutur Tinular dimodifikasi dengan cerita2 murahan yang sama sekali tidak pada tempatnya sehingga akan menghancurkan persepsi penonton terhadap sejarah para leluhur bangsa ini. Ditambah lagi dengan sisipan ideologi Hindu India (bukan Hindu Pribumi), yang sepertinya mengandung maksud-maksud tertentu. Mungkin juragan2 yg dari Bali lebih paham soal ini.
Q:
Emang apa aja sih yg bikin kontroversi?
A:
Pembaca yg terhormat, Tutur Tinular karya asli S TIDJAB adalah kisah berlatar sejarah. Tidak pernah ada ceritanya orang berubah jadi burung. Atau tokoh2 seperti Krishna, Kanza, atau siluman yg bisa menciptakan alat2 ajaib sepeti di dongeng. Itu semua ulah dari kru TT2011 yg mengacak2 karya beliau dan melakukan sejumlah besar perubahan. Beliau sendiri juga merasa kecewa dengan sinetron ini.
Pembajakan cerita seperti ini sudah pernah mereka lakukan sejak jamannya Misteri dari Gunung Merapi, dan mereka ulangi lagi di Tutur Tinular. Kita tidak bisa tinggal diam melihat karya agung anak bangsa di injak2 mereka yg berjiwa serakah.. cuma mementingkan sisi komersil aja.
Sesungguhnya, jika dialog dan adegan asli dari versi Sandiwara Radio dijadikan sinetron secara murni dan konsekuen, sudah cukup untuk membuat ratusan episode yang bisa meraup keuntungan untuk 7 turunan. Namun mereka menambah2 cerita secara sepihak demi memperpanjang episode, untuk memuaskan keserakahan mereka. Maka itu, kita akan terus menolak sampai Tutur Tinular 2011 dihentikan penayangannya, atau di daur ulang pembuatannya dari awal sesuai aslinya.
Q:
Terserah mereka gan mau bikin sinetron apa. Hargailah karya orang lain.
A:
Justru merekalah yg tidak menghargai karya orang lain, dengan mengacak2 karya asli Tutur Tinular secara sepihak demi keuntungan komersil. Ini adalah karya anak bangsa yang harus kita jaga bersama dari keserakahan produser2 ala dangdut entah dari negara mana. You know lah..

Link Download Sandiwara Radio Tutur Tinular :  

http://www.facebook.com/pages/Sandiwara-Radio-TUTUR-TINULAR-Karya-S-TIDJAB/288324207856504

Terimakasih Sudah Berkomentar.

About these ads
 
65 Komentar

Ditulis oleh pada November 29, 2011 in Uncategorized

 

65 responses to “HENTIKAN PENAYANGAN TUTUR TINULAR 2011, INDOSIAR

  1. jonny

    November 29, 2011 at 2:30 pm

    Saya juga kecewa dengan sinetron ini. Ancurrrrr

     
  2. Ranggalawe

    November 29, 2011 at 2:58 pm

    sumpah bikin muntah nih film

     
  3. Ini Medan Bung

    Desember 1, 2011 at 11:10 am

    Setuju !!
    Keparad kau indosiar. Sinetron model ciped begini kau tayang.
    Nanti kutampar kau punya mulut !!
    Martoli jongjong

     
    • TT 2011

      Juli 27, 2013 at 7:04 am

      oooeeee martoli manungkap

       
  4. adi

    Desember 1, 2011 at 3:13 pm

    dasar kau sutradara tidak tau cerita!!!masa dalam cerita ada krisna dan tdi saya nonton koq ada m lampir sama gerandong!!!sekalian saja ada jaka tingkir!!nama kerajaan aneh juga koq manguntur?emang buku sejarah apa yg menceritakan ada kerajaan manguntur sama kuarawa!!!!?di indonesia!!!emang MAHABRATA!!!jangan menghina Agama Hindu!!krisna itu adalah tokoh dewa yg di hormati!!!dasar!!!jangan di tayangkan lagi sinetron bejat kayak gini!!!lucunya lagi ada musik dangdut!!emang jaman dulu ada dangdut apa!!

     
    • RoboConac

      Desember 1, 2011 at 4:21 pm

      sepertinya kesehatan mental AC Manopo perlu dipertanyakan. Atau jangan2 dia memimpin syuting ini dalam keadaan mabuk, minum oplosan india…

       
  5. anita

    Desember 9, 2011 at 8:14 am

    ini film kok banyak ngobrol…kapan berantemnya..???
    ga nyambung banget ni film ama cerita sebelumnya…
    bikin malu sejarah yang ada di indonesia aja…..stop deh penayangan sinetron tutur tinular versi 2011 ini…,tayangin aja versi lamanya…masih bagus yang itu.

     
  6. RONGGOLAWE

    Desember 9, 2011 at 12:17 pm

    kami dukung protes ini ,ini cerita menyesatkan, KPI harus berani menghentikan cerita lebih banyak rekaan ini.tutur tinular itu sejarah jadi tidak ada versi-versian, jangan hanya mencari uang sejarah diabaikan

     
  7. TAMAN

    Desember 9, 2011 at 1:37 pm

    saya setuju dengan pendapat anda ini demi budaya dansejarah bangsa yg kita cintai ini dan untuk generasi penerusbangsa ini agar dapat memahami sejarah sebelum republik ini lahir.dan jangan hanya demi keuntungan semata sehingga memutar balikan nilai sejarah biarlah tutur tinular bejalan sesuai dengan apa yg di tulis oleh penulis nya.terima kasih.TAMAN PECINTA SINETRON SEJARAH

     
  8. asrorimulky

    Desember 9, 2011 at 4:53 pm

    boikot segera sinetron abal-abal dan gk mutu itu…..

     
  9. yani

    Desember 15, 2011 at 8:06 am

    setuju di boikot….. abis dah ngerusak sejarah nih….

     
  10. chelsea

    Desember 17, 2011 at 6:38 am

    hahaha
    gmn sh wjh mei shin?

     
    • lisa

      Januari 5, 2012 at 6:30 am

      asyik lo tutur tinular q stiap hr nonton terus

       
  11. NIKITA Willly

    Desember 17, 2011 at 6:45 am

    gimanasih katanya ad mei shin tapi kok gg di tayangin sih cuma namanya doang?
    tolong dong tayangin. biasanya di vilm tutur tinular yg dulu tidak ad krisna, nnk lampir & grandong ngaco tuh pengarangnya. ya gg

     
    • ANGELICA FAUSTINA

      Desember 17, 2011 at 6:47 am

      iya

       
  12. citra kirana

    Desember 17, 2011 at 6:51 am

    btl btl btl

     
  13. Gayus Tambun

    Desember 19, 2011 at 7:15 pm

    Saya mah nggak pernah nonton indosiar. korea mulu yg diputer.
    Chanelnya malah udah saya hapus.
    tutur tinular menurut saya najis banget lah film kayak gini koq masih tayang.
    makan tai anjing aja tuh pembuatnya.

     
  14. w

    Desember 28, 2011 at 11:08 pm

    w : hey, mbak mbak atau mas mas tutur tinular versi 2011 maupun versi apa pun ithu, ithu semua karya bpak s.tijab, kalian pada tau nggak sich,. nggak usah njelek njelek kin gtw lach, klo nggak ska nggak usah nonton key?

     
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:10 am

      w, yg 2011 bkn karya s tjab
      karya pk s tjab yg sdah di orak arik, olih orang yv tk bisa buat karya sendiri

       
  15. tukang nilai

    Desember 29, 2011 at 6:40 am

    apa perlu kita datengin ke sana, sambil ngedemo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:11 am

      tukang nilai
      okeeeee setuju 2 jempol

       
  16. wong jowo asli

    Desember 29, 2011 at 6:42 am

    kunyuk, pilm apa sih kye!!!????

     
  17. wahyapunya

    Januari 15, 2012 at 3:06 am

    itu hanya hiburan knapa di besar2kan..suka silahkan tonton.gak suka pindah chanel..soal merusak moral,sebelum ada tutur tinular emang udah rusak moralnya..knapa nyalahkan tutur tinular.Lagian cerita tutur tinular di radio dulu juga cerita fiktif.kenapa di ributkan soal melenceng dari pakem..Emang gak ada yg lbh penting lg untuk di boikot.Tuh Anggota dewan yg rusak moralnya di boikot..enjoy aja bro

     
    • bieberbachdim

      Januari 16, 2012 at 11:52 am

      R
      hmmmmmmmm stuju bangeztt thuuu .,

       
    • Arya Kamen Rider

      Januari 19, 2012 at 12:42 pm

      @Wahyapunya
      Masa sih om?
      Kalo gitu nanti muka om diganti versi 2012 yang mirip tai boleh dong.
      Ini bukan masalah fiksi atau bukan.
      Tapi pencatutan nama Tutur Tinular menjadi cerita lain.
      Ini bukan karya tapi pembajakan.
      Kayak muka om itu perlu dibajak.
      Enjoy om…

       
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:14 am

      nahhhh,,…. yg komennya kayak ginini, mesti pecinta tutur tinular 2011

       
  18. Mochamad Rizky

    Januari 25, 2012 at 10:53 am

    itu memang betul hanya hiburan smata tdak perlu masalah ini di besar-besarkan.lagi pula cerita ini seru

     
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:20 am

      hiburan y hiburan brow, tapi jangan asal mangap saja
      cerita ko asal ngablak
      anda ini tentu org yg gk tahu cerita tutur tinular, gimana jaman dulu orang2 pada ngumpul dengerin radio

       
  19. Boybest jomblo

    Februari 3, 2012 at 4:22 am

    Dk ape

     
  20. Fikri bilal

    Februari 10, 2012 at 4:05 am

    Kamandanu itu hanya bisa makan saja dan dia menjabat kulit cewek di tutur tinular versi 2011

     
  21. mohabbatein

    Februari 11, 2012 at 7:07 am

    tutur tinular versi 2011 ceritanya ga nyambung…banyak ngobrol,mana ada zaman dulu udah ada opersi plastik…kok bisa coba…waajah yang udah hancur bisa berubah…ceita gado2 doank kale y…..pencipta asli tuturr tinular kok ga marah karyanya di campur aduk sih…?? ceritanya ga bermutu…ga sesuai dengan yang asli….mending tayangin aja tutur tinular versi 1997…..tutur tinular versi 2011 stop aja.

     
  22. abenk

    Februari 11, 2012 at 7:14 am

    ancuurrr abiezz…….mending bikin sinetron biasa aja….terus ganti t judulnya jadi ratih aja……jangan pake kostum pendekar segala……ga nyambung dangdut sama pendekar. banyak ngmong…..kamandanu nya cengeng…masa ada ular siluman segala……katanya kamandanu sakti tapi kok pengecut…….adegan lucunya ga da bagus2nya….terlalu dibuat buat. ibunya krishna kan namanya yashoda…msa andini sih…..pake berubah jadi ikan segala. bikin mual aja tuh sinetron……

     
  23. princes

    Februari 11, 2012 at 7:18 am

    sinetron anjriittt……..ga usah ditayangin deh…..indosiar kenapa juga mau nayangin sinetron kyak gitu…putar lagi yang versi 1997 aja……..

     
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:24 am

      okee tayang lagi TUTUR TINULAR 97 biar bisa liat seri2 yg ter tingal
      walaupun aku sering tengok kat youtube tapi rasanya gk bosan

       
  24. Boybest Jomblo

    Februari 12, 2012 at 11:28 am

    Wah kak rico sama kak anna tuh cocok bnget yah

     
  25. Sampurna

    Februari 29, 2012 at 2:05 am

    Ini serial settingan nya udah kayak sinetron kebanyakan gan… dari teknik kameranya, kostum, sama pengerjaannya… mirip film2 india bajakan yg juga mereka pernah bikin… Btw, animasinya gak bangetlah… terkesan murahan…

     
  26. Maksudmu piye

    Maret 10, 2012 at 7:44 am

    Kalau IRI sama penayangan TUTUR TINULAR V.2011 bilang saja., gak usah bnyak bacot, penggemar TTV2011 ckuplah bnyak drpda yg protes. Anda kami hormati dgn protes anda, tp saya sngt membenci anda jk TTV2011 smpai dihentikan.
    Lihat anak2 generasi muda sngatlh gemar belajar krna apa? Krn ada TTV2011, Sekian trimakasih !!!
    Oh y 1 lagi..anda jangan menilai orang tdk baik sbelum anda berkaca pda diri anda sendiri..Thanks

     
    • tidak bisa

      Juli 13, 2012 at 2:49 pm

      ngomong opo

       
    • layli soo youngers

      Agustus 16, 2012 at 5:11 am

      nGGA PERLU NGACA BOSS!!, RASAKAN DENGAN AKAL KALAU MEMANG SINETRON TT2012 BAGUS DAN BERMUTU,…JELAS2 KARAKTER YG GA’ADA KAITANYA SAMA SEKALI, MASUK CERITA!?!?…MANA ADA SESEORANG YG BERKOSTUM ALA BATMAN JADI BAGIAN CERITA BERLATAR BELAKANG SEJARAH, WALAU TUTUR TINULAR FIKTIF TETAP MEMILIKI LATAR BELAKANG JAMAN KERAJAAN NUSANTARA, NAPA MASUK ORANG BERKOSTUM KELELAWAR????…..TERLALU BODOH KALAU HARUS IRI DENGAN TAYANGAN TAK MEMILIKI NILAI SEBUAH TONTONAN.

       
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:35 am

      bosss kacanya dipecahkan saja okee!!!!!!!!!!
      jangan salah menilai , sebenarnya banyk yg tk suka TT 2011 tapi kebanyakan tk bisa komen karna tak punya komputer pk boossss sing bagus dweee ????????

       
  27. Fitriyani

    Maret 16, 2012 at 4:01 pm

    Ppppp

     
  28. are

    Maret 18, 2012 at 11:26 am

    pgen punya ank kya krisna

     
  29. irfanmuhluster

    April 6, 2012 at 7:52 am

    Betul. Kag sepantesnya sutradara bego itu menamai film nya dg sebutan Tutur Tinular. Lha, mung udah jelas, ceritanya ngawur kok. Benar2 pembajakan dan penghinaan sebuah nama yg pernah besar dahulu kala.

     
  30. Jembarsut Ngeloentar

    April 19, 2012 at 1:34 am

    CKCKCKCKCK
    PARAH BANGKET EUY !!!
    MENDING BIKIN FILM BOKEP AJH MAH
    DARI PADA NGERUSAK ALUR CERITA ASLI’NA
    CREATIVE SIH BOLEH SAH SAH AJA
    CONTOH 1: KLO KISAH NABI KAMU GW BIKIN KAYA SQUEL TARZAN X GMN

    MAAP BUKAN’NA W MURTAD W JUGA ISLAM GAN
    TP W GAK “PERNAH MEMBELA HAL2 YG JELAZ2 SALAH”
    OR OTAK KALIAN YG MENDUKUNG FILM NE PRLU D SETING ULANG !!

    HATUR NUHUN.

     
  31. helboy

    Mei 7, 2012 at 1:29 am

    tutur tinular adalah karya besar anak bangsa yaitu s. tijab. sayang sekali kalau alur ceritanya hanya seputar cinta. mestinya alur versi sekarang sama kayak dulu bukan cinta dan banyolan-banyolan yang tidak lucu malah jadi topik utama, mana ada lampir hamil.

     
  32. awi

    Mei 17, 2012 at 6:40 am

    Ayat 1
    Hentikan tayangan Tutur tinular Versi 2011
    Ayat 2
    Ganti judul lain atau Tayangkan Tutur Tinular karangan S.Tidjab
    Ayat 3
    Kalo gak punya kasetnya, Beli di toko terdekat
    Ayat 4
    Aku pindah Channel. He3x

     
  33. Tutur tinular BABI

    Mei 23, 2012 at 2:20 pm

    Bangsat TUTUR TINULAR V2011 ANJINK TAI GOBLOK FILM ORANG GILA TAI AYAM TAI BABI
    SADAR GAK TUH YG BIKIN DIA UDAH NGERACUNIN ORANG ORANG YANG HENDAK BELAJAR SEJARAH DASAR BEGO BUBARIN AJA DAH TUH FILM ORANG EDAN

     
    • TKI malysia dari indonesia asli wong TULUNG AGUNG

      Juli 27, 2013 at 7:39 am

      okee brow, maki maki terus ,lebih keras lagi sekalian mewakili hati saya

       
  34. panji

    Juni 9, 2012 at 2:53 pm

    Saudara2ku yang baik.
    Saya ikut urun rembug nih.Tutur Tinular memang fiktif,tetapi apakah lantas bisa dibikin alur ceritanya dengan se enaknya?.Anda2 sekalian pernah baca novel,cerpen atau cerita bersambung kan?.Toh ceritanya juga fiktif tetapi pastinya jalan ceritanya yang masuk akal.artinya plot demi plot ceritanya nyambung dan logis dan faktor pendukung lainnya juga selaras.Kalau ceritanya ngawur apa bisa dicerna?.Nah kalau mau bikin cerita yang nyleneh2,bikin saja cerita yang bersifat hiburan yang memang niatnya dibuat untuk guyonan seperti ketoprak humor,wayang sinting atau Pandawa Kurawa yang sedang tayang.Disitu sang sutradara bebas berkreasi asal jangan kebablasan ke daerah sara saja.Soal isi cerita tidak penting yang penting orang senang dan menghibur,termasuk sosok artis yang seksi dan cantik kalau mau mengedepankan soal hasrat / suka karena bintangnya cantik dan ganteng.Pasti orang tidak akan protes wong tahu kalau itu cuma untuk cengengesan.Jadi versi 2011 diganti judul saja “Tutur Tinular Celelekan” Disitu boleh Arya Kamandanu ketemu Batman atau The Six Million Dollar Man.Saya baca komentar fihak yang suka jawabannya terkesan debat kusir. Sedikit inteleklah!Jadi kalau mau serius ya yang benar kalau mau bercanda bikin cerita untuk guyonan.OK?
    Terima kasih

     
  35. habib

    Juni 26, 2012 at 8:49 pm

    lebih bagusnya hancurkan kantor stasion tv x.nonton tv hukumnya haram.

     
  36. jorok betul

    Juni 28, 2012 at 1:00 pm

    sinetron gg bermutu banget, gag mencermin kan kepribadian bangsa ?

     
  37. pia

    Juli 7, 2012 at 8:15 am

    Film ngawur , mau munta liat’a . sumpah gw malu bgt sebagai warga indonesia karena sinetron tu gk da yg bener , apa lagi ini ! sumpah malu bgt . . . pengen kabur rasanya dri indo !
    gw bandingin ma film / sinetron luar ,misalnya india . . . india gk gini bgt , gk lebay walupun pakaianya tradisional dan ceritanya nyambung !
    apalagi klo ini film di bandingin ma drama asia ,OMG!sumpah gw iri bgt sama drama asia , udah nyambung bagus , pemainnya gateng ma cantik , ceritanya fariasi !

     
  38. saursepu

    Juli 13, 2012 at 2:53 pm

    mending nonton bukan Empat mata… Ribet amat..
    cuma memang Film2 sekarang sam filem dlu emng jauh perbedaanya. lbh berkualitas film jaman dulu,… (pecinta film Jadul)

     
  39. sudutpadang

    Juli 23, 2012 at 3:00 am

    Setiap ada tayangan TT 2011, emosi saya. Apa yang bisa kita lakukan, jika Indosiar tidak mau menghentikan penayangannya?

     
  40. Luckhan

    Juli 25, 2012 at 8:13 am

    sinetron ituw hrus mendidik..apalagi yang berlatar belakang sejarah..hrus sesuai dong jgn bnxk yg dipelesetkan..bgaimana dengan sejarah bangsa ini

     
  41. layli soo youngers

    Agustus 16, 2012 at 5:00 am

    SETUJU!!!…terbukti dibuat cuma cari duit doang, ngga bermutu, ngga layak disebut tontonan, ngga kreatif, ngga membuktikan yang buat memiliki kecerdasan dan ilmu, tidak punya rasa kebudayaan yang tinggi,…MASA BATMAN MASUK BAGIAN DARI CERITA?!?!?!?….yg beneeerrr ajaaaa…anak gw aja bisa bilang jelek dan norak!!!…bagian mana yang bisa dibilang bagus dari tayangan yang tak memiliki nilai seni, artistik, budaya?????…..STOP!, JANGAN DITERUSKAN, APA MEMANG MAU DICACI MAKI?!, ATAU MAU CARI SENSASII???….

     
  42. PURWANTO

    Agustus 29, 2012 at 11:38 am

    merubah sejarah sama artinya merubah kepribadian,bangsa kita adalah bangsa yg besar dan itu karena Allah memberikan begitu banyak sejarah yg seharusnya kita hargai agar anak bangsa tidak seperti diracuni dan tidak tahu tentang sejarah bangsanya sendiri.. bagaimana biasa ????? para pemroduksi film dulu kan juga mendapat cerita sejarah disekolahnya.. kok sekarang malah mengarang sejarah yg justru bersifat menghancurkan bangsa dimana KECINTAANMU TERHADAP TANAH AIR BROOOOOOOOOOOOOO ??????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  43. hendra

    September 3, 2012 at 1:23 am

    saya pendengar setia sandiwara radio tutur tinular yg dulu gencar ditayangkan oleh byk stasiun radio swasta. Saya kecewa dgn apa yg telah dilakukan oleh INDOSIAR yg tlh mengobrak abrik cerita asli tutur tinular. Kepada pak S. Tijab kok anda diam saja?

     
  44. Arma Urcis

    September 27, 2012 at 8:04 pm

    saya merasa prihatin dengan versi 2011 saya kira akan lebih spesifik mengupas sejarah Majapahit dari awal sampai sekarang eh malah carut marut ceritanya jadi males nonton mendingan nonton sepak bola

     
  45. udit

    Desember 5, 2012 at 11:14 am

    Aneh masa jama sejarah ada gundam, batman and joker.
    haddoohh…
    lucu sih tapi..
    hha….cool dah….

     
  46. online classes for high school

    Januari 6, 2013 at 11:40 pm

    Hi there, just became aware of your blog through Google, and found
    that it’s truly informative. I’m gonna watch
    out for brussels. I’ll appreciate if you continue this in future. A lot of people will be benefited from your writing. Cheers! on line degree

     
  47. dipta

    Januari 29, 2013 at 5:37 am

    Huft..sekedar share. Dulu waktu kuliah ada ayang bilang kalau pekerja kreatif sekarang seperti pelacur, dalam artian pekerja kreatif sekarang tidak se idealis dulu hanya karena masalah kejar tayang, tekanan atasan dan selera masyarakat yang memang seperti itu, tapi kalo liat kasus indosiar bner2 dah kebangetan tuh kek nggak ada acara laen aja. Khusus buat tuutue tinular yang salah indosiarnya. Tutup aja dah g ada acara yang laku di tipi tu

     
  48. Muhammad Hadi

    Juni 22, 2013 at 6:49 pm

    masa ada batman joker pinguin sekalin miyabi naruto.pokemon speiderman.memek kontol tai

     
  49. pengemar TT sejak di radio

    Juli 27, 2013 at 7:45 am

    LISTRIK KU, TV KU, MATAKU., LEPTOPKU UUUUEEEMAN LEK TAK GWE DILOK TT 2011

     
  50. In'am

    Maret 16, 2014 at 9:01 am

    SEKARANG SEMUA ACARA TV UDAH BNYK YG GAK BECUS, TERUTAMA DI INDOSIAR DAN DI MNC TV, MAU AKU HAPUS TUH CHANNEL NYA…….
    AKU MAH LEBIH MAU KALO NONTON CHANNEL DARI PARABOLA (INDOVISION, ORANGE TV, BIG TV, DSB) BISA PILIH ATAU CARI CHANNEL YG MENURUT KW BAGUS2 KETIMBANG UHF/PHF,
    KALO NGGAK ADA PARABOLA, AKU NGGAK MAU NONTON TUH………

     

Tinggalkan Komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: